お知らせ*: I Am Going To Japan!

So… Ya, setelah 5 kali percobaan yang gagal dan entah berapa kali persiapan pendaftaran yang tidak jadi saya kumpulkan, akhirnya kesempatan itu datang juga. Bulan April lalu saya mendaftarkan diri untuk mengikuti program Saga University Program for Academic Exchange (SPACE) 2013-2014 melalui KUI UGM. Setelah melalui beberapa tahap seleksi, aplikasi saya dinyatakan lolos dan diterima oleh Saga University pertengahan Juni 2013 lalu. Program ini adalah hasil kerjasama U-to-U Saga University dengan Universitas Gadjah Mada. Setiap tahunnya, Saga University (untuk selanjutnya akan saya sebut Sagadai –> Saga Daigaku –> Saga University) mengadakan sebuah program pertukaran akademis dan budaya bagi mahasiswa internasional yang berminat untuk tinggal dan kuliah di Jepang khususnya di Sagadai, prefektur Saga, Jepang selama satu tahun. Dalam setahun itu, para mahasiswa internasional berkesempatan untuk mengambil mata kuliah dan penelitian independen berdasarkan minat mereka. Di sini saya memilih untuk mengambil makul-makul lintas jurusan di Faculty of Culture and Education Sagadai. Selain itu, nantinya kami juga akan berpartisipasi dalam berbagai program acara SPACE seperti fieldtrip dan homestay ke kota-kota lain di Jepang, berpartisipasi dalam festival-festival lokal di prefektur Saga, sampai mengikuti kegiatan ekstrakurikuler universitas yang bebas kami pilih. Yuhu!

logo

Ketika saya menyebutkan Sagadai dan prefektur Saga, mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya karena merasa asing dengan keduanya. Well, prefektur Saga dan Sagadai memang sangat asing di telinga kita dibandingkan Tokyo, Osaka, Todai (Tokyo University), Keio University, Waseda University dan lain-lain. Bisa jadi ini semua karena prefektur Saga adalah salah satu prefektur paling kecil di Jepang dan bisa dibilang masih rural, ndeso dan tidak metropolis seperti Tokyo atau Osaka. Walaupun begitu Sagadai yang terletak di prefektur ini termasuk salah satu universitas yang mumpuni di Jepang, terutama di bidang teknologi-nya. I’ll figure out and tell you how-tech-friendly-Sagadai-is when I arrived there later, ok. :)

Regions_and_Prefectures_of_Japan_2.svg

Prefektur Saga ada di Pulau Kyushu, bagian paling selatan di Jepang. Kalau melihat peta dunia, jarak prefektur ini ke Busan atau Shanghai relatif lebih dekat daripada jarak prefektur ini ke Tokyo. Dulu prefektur Saga pernah berperan penting sebagai satu-satunya pelabuhan yang menghubungkan Jepang dengan dunia luar. Karena itulah banyak artefak hasil percampuran budaya yang bisa kita lihat di prefektur ini. Salah satunya adalah ceramic ware. Lalu ada info di internet yang mengatakan kalau prefektur Saga adalah one of the most underrated place in Japan. Nggak heran sih, informasi tentang tempat ini memang sangat sulit dicari dibandingkan tempat-tempat lain di Jepang seperti (lagi-lagi) Tokyo. Padahal, (katanya) prefektur ini diberkahi segudang kekayaan alam yang relatif belum terjamah dan tereksploitasi.

800px-Niji_no_Matsubara
Niji no Matsubara, salah satu bagian Genkai Quasi National Park.

68% wilayah prefektur Saga dideskripsikan sebagai forested dan agricultural. Lalu dalam wilayahnya yang kecil, Saga juga mempunyai 6 taman prefektur dan sebuah taman nasional (11% wilayah Saga memang didesain sebagai natural parks). Makanya, kalau Tokyo dan Osaka terkenal dengan sejuta lampu neon dan ‘kegilaan’ tingkah penduduknya lalu Kyoto terkenal dengan para seniman tradisional dan sederetan tempat wisata man-made yang luar biasa eksotis, Saga bisa jadi (seharusnya) terkenal dengan alamnya yang masih (relatively) perawan. Yah, lagi-lagi saya masih hanya bisa menebak-nebak dan membayangkan karena saya belum melihat sendiri dan membuktikan segala “katanya” itu. Hehehe.

Nevertheless, there is still a lot more things on the way. Perjuangan belum selesai. Saya masih harus mengurus beberapa proposal dan juga membuat visa pelajar ke Jepang yang baru akan saya daftarkan awal September nanti. FYI, saya akan berangkat ke Jepang tanggal 24 September, jadi waktu pembuatan visa dan keberangkatan bisa dibilang cukup mepet. Belum waktunya untuk bersenang-senang. Masih banyak hal yang harus dipersiapkan termasuk mental. Hehehe. Kadang-kadang berbagai perasaan campur aduk jadi satu dalam hati. Senang, sedih, excited, takut, nggak sabar sekaligus khawatir. But I think it’s normal. Yang aneh adalah most of the time saya merasa santai dan tenang. Hahahaha! Entahlah. I’ve been waiting for this for years! So let’s just embrace it as it really is, finally, happening. :)))

1080
Salah satu jalan di prefektur Saga saat musim gugur.

P.S I do hope and plan to travel a lot (around Japan, not just Saga) and make vlog and blog posts about my experiences there. I would be very happy to hear your suggestions about it! Misalnya saran tempat yang seru didatengin, festival-festival keren, event-event yang nggak boleh dilewatin, atau makanan-makanan yang oke buat dicoba. I’ll keep you updated either here and/or on my youtube channel! :)

*お知らせ means announcement in Japanese.

Advertisements

4 thoughts on “お知らせ*: I Am Going To Japan!

    1. Sudah saya jelaskan di blogpost, ini program kerjasama antar universitas, jadi bisa dicek ke kantor urusan internasional universitas masing-masing. Seperti apa gimana ya maksudnya? Maaf saya kurang mengerti pertanyaannya. Terimakasih.

  1. Terima kasih atas infonya.
    saya dari univ.negeri malang, mengikuti seleksi SPACE untuk Fall tahun ini,
    saya kemarin dapat balasan dari center for promotion of international exchange SAGA Univ.
    bahwa aplikasi saya dan teman telah lolos seleksi dan bisa mengikuti academic exchange ini. namun, beasiswa JASSO yang saya ajukan tidak dapat diberikan.
    Menurut anda, apakah ada another way untuk dapat beasiswa life cost di jepang ??
    terima kasih.
    mohon bantuan sarannya :)

    1. Kalau kamu bisa bahasa Jepang, mungkin bisa dibantu dengan kerja part-time di sini. Mungkin bahasa Jepang level N4-N3 sudah cukup untuk bekerja di sini. Atau bisa juga coba ajukan ke lembaga-lembaga swasta di Indonesia/Jepang untuk beasiswa. Coba buka link ini ya:
      http://www.jasso.go.jp/study_j/documents/scholarshipse_lg.pdf
      http://www.jasso.go.jp/study_j/documents/scholarshipse_private.pdf
      http://www.jasso.go.jp/study_j/documents/scholarshipse_reserve.pdf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s