Japan Journal #017 – First Note

Hello, today I decided to make this daily journal where I will write about what I do everyday here in Japan. I will just write basically everything I do in casual way and no, I don’t intend this to be a delicate piece of writing. I just hope that one day in the future I could re-read this journal, reminisce sweet things about Japan and then I may thank my old self for being so productive at the past.. :))) anyway, today is already my 17th day in Japan. Maybe I’ll wrote the first 16 daily journal posts later, if I have the time (and motivation). Oh and I’m sorry if I will use both Indonesian and English in writing this blog, you know Google Translate is always there for you.

***

Hari ini saya dan Tiara sedikit terlambat lagi masuk ke kelas Sadamatsu-sensei. Entah kenapa tidur saya terlalu nyenyak akhir-akhir ini dan hasilnya saya selalu bangun sekitar jam 7an menjelang jam 8 pagi, padahal kelas dimulai tepat jam 8.50. Jarang sekali ada sesuatu yang terlambat di Jepang. Apapun itu, mulai dari janjian sama teman, ibadah gereja, kuliah, sampai jadwal bus dan kereta api. Semua serba teratur. Sebenarnya mungkin 1 jam itu waktu yang cukup kalau saya nggak masak bekal dan bikin PR dulu. Hidup saya minggu ini memang bisa dibilang kurang teratur.

Di kelas Bahasa Jepang, saya duduk di sebelah Jason (Kanada) dan Sulthan (Sri Lanka). Total murid di kelas Bahasa Jepang level 1 sekitar 13 orang. Cukup banyak. Setelah hampir 2 minggu belajar bareng tiap hari, (dan latihan perkenalan tiap hari) masing-masing kami sepertinya sudah kenal satu sama lain. Masih standar sih, biasanya kami memperkenalkan nama (namae), asal negara (kuni), dan jurusan (senmon). Hari ini jadwalnya kelas Hiragana-nya Sadamatsu-sensei. Setelah saya hitung-hitung tadi, saya baru hapal setengah dari chart Hiragana yang ada. Gawat juga karena sebentar lagi kami akan mulai belajar Katakana. Saya harus belajar lebih kenceng lagi kayaknya. Setelah kelas Sadamatsu-sensei, ada kelas additional saya yaitu Conversation class-nya Arise-sensei. Saya ambil kelas ini biar cepet bisa ngobrol sama orang lain, nggak “nihongo wakanai” melulu bisanya. Di kelas conversation, kami belajar isi kalender, beberapa percakapan formal, angka-angka dan simple mathematics. Lumayan lancar. Satu hal yang perlu dicatat, hampir setiap hari ada PR dan lumayan…menantang. Sebenernya nggak banyak, tapi karena bulan-bulan awal ini masih belom cukup settle, jadilah sedikit kelabakan setiap harinya.

Kelar kelas, saya ketemu tutor saya, Nanami. Kami janjian di depan student hall karena saya mau minta dia nemenin saya ke UKS-nya Sagadai. Ada sedikit hal yang mau saya konsultasikeun ke dokter tentang pola tidur saya. Sampe di UKS, sempet ada masalah komunikasi, dikiranya saya mau medical check-up duluan hari ini. Jadwal medical check-up buat mahasiswa harusnya besok 23-24 Oktober. Waah.. gila aja kalo tadi sampe beneran check-up. Saya belom nyiapin mental buat cek darah. *huft* Anyway, akhirnya kami bikin appointment untuk Rabu minggu depan. Wish me luck…and health.

Setelah urusan UKS, saya ke Co-op buat liat-liat snack. Liat-liat doang, nggak beli. Seneng kalo masuk sana soalnya wangi roti :))) Di student hall ini rotinya ada yang dibikin langsung sama kampus soalnya. Sedap! Segala wangi melonpan, cream puff, dan kawan-kawan roti Jepang lainnya itu memang menyenangkan sekali. Habis ke Co-op, saya ke kantin cari makanan. Saya ngantri di buffet aja biar lebih murah dan bisa coba macem-macem makanan. Saya jelasin kapan-kapan deh sistemnya. Saya tadi cuma ambil lauk, salad dan miso soup karena saya bawa nasi goreng dari rumah. Begitu duduk, barulah saya sadar saya ninggal tas berikut kotak bentonya di keranjang sepeda. Nice… Setelah beberapa hari tinggal di sini, saya emang kebiasaan ninggalin barang yang bisa saya tinggal di keranjang sepeda. Karena di sini bisa dibilang aman banget. Nggak akan ada yang ambil.

Kelar makan, saya ke taman di depan student hall buat ngetik blog ini. Hawa musim gugur kayak sekarang ini sangat eman-eman untuk dilewatkan dengan duduk di dalam ruangannn! Langit biru, pohon-pohon mulai menguning, angin sejuk menyenangkan, bunyi serangga musim gugur mengalun merdu… Ah! Besok saya bawa cable data atau kamera supaya bisa foto langsung suasana waktu saya nulis deh ya.. :)

(might to be continued later at night…or might not.)

Fri, 11.10.2013

03.09 PM

Meja piknik di depan student hall Saga University.

2 thoughts on “Japan Journal #017 – First Note

    1. Ya ampun baru baca komenmu sekarang, Ma.. :’> Oke nanti aku upload foto musim gugurnya.. walaupun sekarang udah lewat.. Hiks :’>

Leave a Reply

