Field Trip SPACE #01 – Saga-Jo.

Kemarin tanggal 19-20 Oktober 2013, saya dan ryuugakusei (murid asing) di Saga University mengikuti field trip ke luar kota (tapi masih dalam satu prefektur). Ini field trip pertama saya sekaligus perjalanan pertama saya ke luar kota selama tinggal di Saga. Cukup excited, walaupun saya tidak terlalu berekspektasi tinggi. Hehe.

19 Oktober 2013

Jam 9 pagi kami dijadwalkan berkumpul di depan toshokan (perpustakaan, red.) Saya dan Tiara tergopoh-gopoh ngebut naik sepeda. Sampai minggu ketiga kami di Jepang, rasanya masih sulit menyamakan ritme dengan kehidupan di sini. #alesan. Dari Sagadai, kami naik 2 bus sedang dan kecil menuju tujuan pertama field trip kami: Saga-Jo (Saga Castle, red.) Saga-Jo itu sebenernya dekat dengan Sagadai dan rumah saya. Setiap minggu kastil ini saya lewati kalau saya bersepeda ke gereja, tapi baru kali ini saya masuki. Konon, bangunan ini adalah salah satu istana di Jepang yang bentuknya ‘meluas’ bukan ‘meninggi’. Biasanya bangunan istana atau kastil di Jepang bentuknya tinggi menjulang di atas bukit, tapi Saga-Jo ini lebih seperti pendopo-pendopo yang sambung menyambung dan dibangun di dataran, dikelilingi parit untuk perlindungan. Maklum saja, kontur kota Saga memang bentuknya dataran luas tanpa bukit dan lembah. Bangunan ini juga konon katanya merupakan salah satu bangunan kayu terbesar di Jepang. #cmiiw

DSC01252
Saga-Jo dari luar.
DSC01254
Gerbang Saga-Jo.
DSC01255
Halaman Saga-Jo yang luas.
DSC01257
Di dalam Saga-Jo, dengan guide yang jago bahasa Inggris.
DSC01265
Di dalam museum Saga-Jo.
DSC01269
Maket denah Saga-Jo di masa lampau.

Waktu Saga-Jo masih aktif di zaman Edo, para Lord / daimyo (penguasa) di Saga menggunakan istana ini sebagai bangunan administratif dan juga bangunan tempat tinggal. Bangunan kantor ada di depan dekat pintu masuk, sedangkan tempat tinggal para daimyo dan selir-selirnya ada di belakang. It really made my mind wonder… :)

DSC01273

DSC01271
Display ‘jeroan’ konstruksi Saga-Jo yang dibuat dengan apik.
DSC01272
Display ‘jeroan’ tembok Saga-Jo.
DSC01278
‘Jeroan’ pondasi Saga-Jo.
DSC01284
Bagian yang saya suka dari bangunan tradisional Jepang.
DSC01294
Ada ruangan untuk menonton video juga.
DSC01301
Halaman Saga-Jo bagian lain.
DSC01308
Seven Wise Men of Saga.
DSC01281
Rombongan turis.

Kami mengelilingi setiap ruangan di Saga-Jo selama sekitar 1,5 jam. Beberapa dari kami sibuk foto-foto dan beberapa lainnya sibuk mendengarkan. Saya sibuk mengagumi tatami mahal yang saya injak-injak (bunyi tatami mahal saat kita injak beda sekali dengan bunyi tatami murah xD) dan ruangan-ruangan luas nan indah yang membuat saya ingin berguling-guling gogoleran di sana. Mungkin kapan-kapan kalau sedang butuh keheningan dan keindahan, saya akan mampir ke Saga-Jo lagi… mumpung dekat rumah… :)

DSC_0411
Salah satu foto favorit saya di Saga-Jo. Sayangnya ukurannya sedikit lebih kecil.
Advertisements

2 thoughts on “Field Trip SPACE #01 – Saga-Jo.

  1. Kunjungan pertama saya di Saga adalah ke Saga Jyo, dengan bersepeda.

    Wah senang deh dapat anak SPACE angkatan baru. Semoga silaturahmi tetap terjaga yah

    cipu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s