Bertaburan Emas di Kinkaku-ji

Kinkaku-ji. Hari kedua di Kyoto, saya segera menuju tempat legendaris yang menjadi setting film Memoirs of Geisha ini. Setelah membeli 2 buah onigiri, saya naik subway dari Karasumaoike ke Nishiojioike, lalu disambung bus menuju ke sana. Pengalaman saya naik subway di sini adalah setelah muncul di permukaan tanah, saya menjadi buta arah. Maka dari itu, sebelum keluar dari stasiun, harus perhatikan baik-baik peta yang ada di dekat pintu exit-nya, ya.

Di dalam bus menuju Kinkaku-ji, bus saya berhenti di beberapa halte untuk mengangkut penumpang. Entah di halte ke berapa, dua orang biksu naik ke bus, berdiri persis di sebelah saya dengan topi lebar mereka yang terbuat dari semacam rotan. Saya mendadak terpesona. Kyoto memang istimewa. Sepanjang perjalanan saya memperhatikan mereka: sandal mereka masih tradisional, seperti sandal biksu yang kita sering lihat di buku cerita rakyat itu. Sepertinya terbuat dari serat tumbuhan. Jubah mereka tampak tebal berlapis. Mungkin untuk menangkal hawa musim dingin. Walau tampak kuno, jubah itu rupanya terbuat dari bahan jeans … Whoa. Gaul juga.

Saya turun di halte dekat Kinkaku-ji bersama belasan penumpang lainnya termasuk sang biksu dan temannya. Begitu turun, kami langsung disambut jejeran toko oleh-oleh dan hujan gerimis. Setelah berjalan 5 menitan, saya sampai di gerbang utama Kinkaku-ji. Rupanya kuil emas ini tersembunyi di tengah-tengah japanese garden yang cukup luas. Pucuknya saja tidak bisa saya lihat dari loket penjualan tiket. Memang harus beli tiket masuk rupanya… Hehe :’) (Harga: 500 Yen)

5 menit berjalan dari loket, saya mulai melihat dinding emas Kinkaku-ji yang terkenal itu dari kejauhan. Tidak berapa lama kemudian … Whoa. Saya terdiam. Kagum. Saya tidak berekspektasi banyak dari kuil ini, tetapi bangunannya memang cantik sekali. Saat itu langit sedang mendung, sayangnya. Tetapi saya rasa hal itu tidak berpengaruh banyak. Ah, tapi jangan lupa, akan ada banyak orang yang mengagumi kuil ini bersama kita. Turis di sana banyak sekali.

Di sebelah kanan ‘golden pavillion’, kita bisa melihat rumah kediaman seorang tokoh yang, maaf, saya lupa namanya. Hal yang menarik, di halaman rumah sang tokoh, ada replika kapal yang terbuat dari rangkaian tanaman bonsai. Kalau ada budgetnya, boleh saja sewa tour guide yang bisa menjelaskan dalam bahasa inggris. Bagi saya sih tidak terlalu penting karena Kinkaku-ji tidak terlalu luas dan ada penjelasan sedikit di buklet tiket yang saya dapat di loket.

Setelah puas mengagumi ‘golden pavillion’, saya berjalan ke taman di belakangnya dan menemukan danau kecil. Di dekat danau itu, kita bisa berdoa sambil melemparkan koin persembahan untuk sejumlah patung khusus. Ini ciri khas kuil tempat wisata yang sulit saya temui di kuil-kuil kota asal saya, Saga, yang memang bukan magnet turis.

Setelah melewati patung itu, kita bisa berdoa lagi di kuil. Bagi yang tidak berdoa, bisa icip-icip dango gratis di depan toko oleh-oleh. Dango rasa green-tea nya enak sekali! Toko oleh-olehnya pun layak dikunjungi, seingat saya harganya tidak begitu mahal sekali. Saya beli postcard seharga 50 yen selembar di sana.

dango green tea
penjual sake dengan serpihan emas.

Tidak jauh dari stand penjual dango, ada stand penjual sake emas. Iya, sake emas. Sebotol sake yang dicampur serpihan emas. Saya tidak tahu rasanya kayak apa… :| Begitulah tempat wisata, selain banyak turis, banyak juga penjual oleh-oleh yang kadang-kadang ajaib.

Overall, Kinkaku-ji tempat yang cantik sekali. Tidak begitu luas juga sehingga tidak melelahkan. Cocok untuk short trip! :)

One thought on “Bertaburan Emas di Kinkaku-ji

1. Halloo…mau nanya dong. Masih ingat nggak kalau dari Nishiojioike ke Golden Temple naik bus-nya nomor berapa? Dan berapa harganya. karena kalau cari di Japan Guide adanya petunjuk bus dari Kyoto station. Tks :)