Japan Journal #189 – Spring Break

Ternyata saya vakum ngeblog lama sekali, ya? Kaget juga karena ternyata selama Spring Break ini saya benar-benar off menulis di sini. Liburan paling lama yang saya dapat di Jepang memang liburan musim semi kali ini. Total sekitar 2 bulan kurang sedikit, mulai dari 14 Februari sampai 7 April mendatang. Whoa.

Liburan ini saya isi dengan bekerja di Tokyo. Saya merasa ‘gabut’ banget kalo menghabiskan 2 bulan di rumah saja tidak ngapa-ngapain. Akhirnya setelah work permit beres, saya browsing internet nyari kerjaan part-time di Tokyo, nemu yang cocok lalu berangkatlah saya. Pekerjaan di Tokyo ternyata banyak sekali! Dari kerjaan yang umum seperti waiter, dishwasher, guru bahasa, sampai yang tidak umum seperti pacar sewaan atau teman pesta ada semua. Situs lowongan kerja untuk foreigner di Tokyo juga banyak, mulai dari Gaijinpot, Tokyo Notice Board, Japan Working Holiday sampai Craiglist Tokyo.

Bagaimana ceritanya saya bisa dapet pekerjaan ini juga sebenernya nggak sesimpel itu sih. Nggak banyak pekerjaan part time untuk jangka waktu pendek yang ditawarkan. Saya pun nggak mau ambil pekerjaan yang dodgy dan nggak jelas perusahaannya. Jadi menurut saya, ketika saya dapat pekerjaan menjadi dishwasher di sebuah restoran Singapura di daerah Azabu-juban itu bener-bener ‘takdir’. Jadi kebetulan restoran ini mencari pengganti dishwasher mereka yang mau cuti selama sebulan. Kebetulan juga dishwasher mereka sebelumnya adalah foreigner kayak saya. Jadilah setelah saya kontak lewat e-mail, diskusi sebentar, saya di-hire oleh si Bos.

Di Tokyo, saya nggak cuma kerja di restoran itu. Karena saya nggak mau keluar uang banyak, saya ngelamar pekerjaan juga di sebuah chain hostel terkenal di Jepang. Hostel ini terkenal punya program “volunteer exchange” yang memungkinkan kita kerja sebagai help staff di hostel mereka dengan imbalan tempat tinggal gratis di Tokyo. Syaratnya, minimal tinggal 28 hari dengan libur 8 hari. Sip kan? Kalo kita browsing di internet, program volunteer exchange ini sebenernya banyak dilakukan hostel-hostel di seluruh dunia buat para traveler yang mau stay lama di suatu tempat, mau kerja dan pingin hidup hemat. In other way around, mereka dapet staff ‘gratisan’ selama sebulan atau lebih. Yah, nggak gratis juga sih tapi menurut saya lebih murah daripada nge-hire staff dengan biaya per-jam 1100-1200 Yen (ukuran Tokyo).

Long story short, saya tinggal di Tokyo selama 23 hari (5 hari libur saya pakai untuk pulang lebih awal). Selama itu, selain mengeksplor segala sudut Tokyo, saya juga sempat melipir ke Yamanouchi di prefektur Nagano, Danau Yamanaka di prefektur Yamanashi dan DisneySea di prefektur Chiba. Ini solo trip pertama saya dan rasanya bener-bener puas! Saya ketemu banyak orang baru, yang sebagian jadi teman saya. Saya juga ke tempat-tempat yang selama ini cuma saya impi-impikan di siang bolong, ngeliat pemandangan yang picturesque yang membuat saya yakin kalo tempat-tempat seindah wallpaper PC itu memang ada di dunia, dan juga ngalamin segala pengalaman lucu, sedih, ngeselin dan tentunya membahagiakan.

Sepulangnya ke Kyushu, saya disambut udara hangat, pepohonan yang mulai hijau dan juga bunga sakura yang mekar di mana-mana. Segala warna coklat muram yang saya jumpai awal Maret lalu sudah nyaris tidak ada. Ranting-ranting gundul mulai ditumbuhi daun-daun warna hijau segar. Rumput-rumput kering kecoklatan juga menghijau dan mulai ditumbuhi bunga warna-warni. Angin dingin yang menusuk tulang juga berubah jadi angin sejuk sepoi-sepoi yang bikin ngantuk luar biasa… :) Tiba-tiba saja, perasaan saya juga jauh lebih enak daripada musim dingin lalu. Bisa merasakan panasnya matahari itu ternyata bisa bikin bahagia. Sederhana ya?

Selamat datang musim semi! Jangan pergi cepat-cepat, ya!

Thu, 03.04.2014

05.19 PM

Di perpustakaan lantai dua, meja bercolokan dekat jendela … seperti biasa.

Leave a Reply

