Hello Again.

Dua bulan berlalu sudah sejak saya kembali ke Indonesia. Percayalah, banyak sekali yang ingin saya ceritakan, tapi saya nggak bisa. Semua kata-kata itu jadi sama sekali tidak mengalir keluar. Saya sendiri memberi waktu diri sendiri untuk beradaptasi kembali, dan prosesnya nggak mudah. Physically, psychologically, mentally … ternyata re-adjustment itu nggak semudah kelihatannya. Setidaknya bagi saya. Perbedaan kebiasaan, tingkat kebersihan, iklim, makanan, minuman dan lain-lainnya ternyata mengagetkan juga. Ya, begitulah.

Di dalam hati, saya juga mewanti-wanti diri sendiri agar mengerem kritik-kritik yang sering tidak sadar saya keluarkan. Di masa readjustment seperti ini, volume kritik dan tingkat kepedasannya seolah meningkat beberapa kali lipat. Eugh, males kan dekat-dekat sama orang yang model begitu? Saya pun.

Kembali ke Jogja, ternyata banyak yang berubah dari kehidupan teman-teman. Setelah KKN, terlihat banyak yang berganti atau bertambah circle, mendapatkan pasangan (ini banyak banget, beneran!), menemukan filosofi hidup *cailah* sampai sekedar berganti profile picture Facebook. Iya, minimal ganti foto snorkeling lah ya. Ya, nggak? Mau nggak mau, inilah yang saya hadapi sepulang saya ke Jogja. Ternyata, setahun saya meninggalkan Jogja, tidak hanya saya yang berubah. Teman-teman pun berubah, secara signifikan. Bukan masalah baik atau buruk. Manusia memang berubah. Selalu begitu. Makhluk dinamis, katanya.

Hal ini yang tidak begitu saya persiapkan, nampaknya. Yah, begitulah. Tapi sekarang semua sudah mendingan kok, sudah lebih baik. Tapi sebenarnya niat nulis post ini masih setengah-setengah sih. Haha. Jadi aneh begini, mohon maklum ya. Belum sesiap dan selancar itu untuk menulis semuanya. Yang penting, dibiasakan dulu. Ibarat mau berenang, pemanasan dulu, celup-celup kaki dulu begitu.

*senyum awkward*

Leave a Reply

